Kepala Daerah

Bupati : Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd
Wakil Bupati : Drs. H. M. Amiruddin, SH
Sekda : Drs. H. Chairul Latanro, MM

Goverment Public Relation
APLIKASI
Kalender
January 2018
M T W T F S S
« May    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
Statistik Pengunjung
Hari ini : Sunday, 21 January 2018 00:00
Pengunjung hari ini : 17
Pengunjung kemaren : 104
Halaman dikunjungi hari ini : 20
Sistem Operasi :
Browser :
IP : 54.234.0.2
Pengunjung online : 0
Admin online: 0
Google Map

Bupati Enrekang Melantik 55 Kepala Desa Terpilih

Bupati Enrekang Muslimin Bando melantik sebanyak 55 kepala desa yang masih didominasi oleh incumbent, pada hari Jumat (29/12/2017) di halaman Kantor Bupati Enrekang.

Dalam sambutannya Bupati Enrekang berharap agar para kepala desa yang terpilih dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab karena mereka adalah yang terbaik menjadi pilihan untuk memimpin rakyat di desa.

“Jalankan amanah karena kalian adalah yang terbaik pilihan rakyat. Jangan sia-siakan amanah itu, bangunlah desa untuk kesejahteraan masyarakat,” ucap Bupati Enrekang.

Bersamaan dengan acara pelantikan itu, pemerintah memberikan penghargaan kepada Satuan Polisi, TNI, dan Satpol PP lewat Kapolres AKBP Ibrahim Aji, Dandim Aries Dwiyanto, Dan Kadis Satpol Abdul Gani, atas kerja keras mereka dalam menjamin  proses Pilkades berjalan aman dan lancar.

“Terima kasih telah bersinergi dengan Pemerintah untuk menjadikan Pilkades serempak di Enrekang berlangsung seperti yang diharapkan,” imbuhnya.

KUNJUNGAN PANGLIMA TNI DI KABERE KABUPATEN ENREKANG

Enrekang- Kunjungan kerja  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmiyanto di Kabupaten Enrekang pada hari rabu, 25 Oktober 2017.

Bupati Enrekang H.Muslimin Bando beserta jajarannya melakukan penjemputan di lapangan sepak bola kebere Desa Taulan kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, diiringan dengan musik bambu dan tari padduppa.

Adapun pada kesempatan  kunjungan kerja ini panglima meresmikan pembangunan mesjid Besar Darussalam kabere dan kemudian di lanjutkan dengan penyerahan dan peresmian baruga pak Letnan.

KUNJUNGAN KERJA KAPOLDA SULSEL DI ENREKANG

ENREKANG, – Kepala Polda Sulsel, Irjen Pol Muktiono, bersama rombongan pejabat utama Polda Sulsel melakukan kunjungan kerja (Kunker) di wilayah hukum Polres Enrekang, Kamis (24/8/16).

Sebelum melaksanakan tatap muka dengan personil Polres Enrekang, Kapolda Sulsel bersama rombongannya terlebih dulu disambut dengan tradisi adat di Mapolres Enrekang. Terlihat hadir para Forkompinda Enrekang.

Orang nomor satu di wilayah hukum Sulsel itu disambut tari Madupa oleh polwan dan bhayangkari, serta ucapan selamat datang oleh polisi cilik Enrekang. Demikian pula yel-yel TNI-Polri sebagai bukti kuatnya sinergitas.

Selanjutnya, Irjen Pol Muktiono melaksanakan tatap muka di pendopo Bupati Enrekang. Drs Muslimin Bando selaku Bupati Enrekang mengaku berterimakasih atas kunjungan Kapolda.

Selepas menyaksikan kesenian musik bambu tradisional dari baraka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono kemudian memberikan arahan kepada 200-an personel Polres Enrekang.

AKBP Ibrahim Aji sebagai kepala polres mengawali acara tatap muka dengan paparan dan laporan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya. Baik situasi teraktual maupun perkiran keadaan sekitar dan prestasi maupun capaian dan sinergitas.

Mengawali arahan dengan yel-yel, Kapolda Sulsel berhasil membangkitkan semangat personel yang hadir. Beliau mengingatkan segenap yang hadir agar mengingat sumpah janji saat memilih mengabdi pada Polri dan jangan lupa bersyukur.

Kewajiban Polri di bidang keamanan harus disertai dengan profesionalisme Polri, dalam menghadapi dinamika yang terus berkembang pesat.

“Begitu luasnya lingkup berkaitan dengan tugas dan kewajiban Polri, perlu diingat pembangunan bersyarat sitkamtibmas yang kondusif, karena itu lakukan dengan ikhlas dan berpikir positif,” tandas Irjen Muktiono.

Dengan tegas selanjutnya, Kapolda Sulsel menginstruksikan beberapa prioritas terkait keamanan masyarakat. Seperti begal dan tindak pidana narkoba, tidak perlu ragu bagi anggota untuk melumpuhkan.

“Tidak ada main-main dengan narkoba, wajib hukumnya tindak tegas! Sikat seluruh yang terlibat, apalagi misalnya ditemukan anggota Polri yang justru membekingi dan terlibat. Itu bukan Polri lagi! Bukan bagian dari Polisi lagi, dia adalah penghianat,” tegas manatan Kapolda Maluku ini.

Instruksi jendera bintang dua ini yang lainnya, yakni mengenai pemanfaatan teknologi secara maksimal. Baik dalam pengungkapan kasus maupun media daring.

“Diwajibkan baik personel Polri maupun keluarga dapat berperan positif aktif di dunia maya. Baik inseminasi hal positif Polri terlebih counter informasi hoax yang sengaja ditimbulkan pihak tertentu yang dapat menurunkan citra Polri dan mengganggu keamanan bahkan ada yang sampai bertujuan memecah belah bangsa,” paparnya.

Bupati Enrekang Bangga Dengan Paskibraka

ENREKANG – Pemkab Enrekang resmi membubarkan Paskibraka di Tribun Lapangan Batili, Sabtu (19/8/2017) malam. Pembubaran dirangkaikan dengan malam ramah tamah yang dihadiri langsung Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Pada kesempatan itu, Muslimin menyanjung keberhasilan Paskibraka Enrekang dan menghaturkan terimakasihnya. 

“Terima kasih Paskibraka Enrekang. Kita dengar berbagai halangan dan rintangan terjadi di beberapa daerah lain saat Paskibrakanya menjalani tugas. Yang kita syukuri Enrekang menjalankan tugas dengan baik,” tutur Muslimin.

Bupati juga mengapresiasi metode latihan yang diterapkan pelatih, dalam hal ini aparat TNI dan Polri. “Semua berkat latihan tekun yang kita jalankan selama ini,” tambah Kadis Pemuda dan Olahraga Enrekang, Hamsir. 

Kadis Kominfo Enrekang, Menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Enrekang-Bertepatan dengan HUT RI ke 72 Tingkat Kabupaten Enrekang, Kadis Kominfo-Statistik Kabupaten Enrekang, Drs.H.Djajadi Silamma, MM menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun, yang diserahkan oleh Bupati Enrekang di tribun lapangan abubakar lambogo.

Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Adapun Satyalancana Karya Satya 30 tahun yang diterima oleh Kadis Kominfo-Statistik Kabupaten Enrekang berwarna emas. (MC-Enrekang)

Desa Pasang Enrekang Raih Penghargaan Proklim Dari Kementrian Lingkungan Hidup

Enrekang- Desa Pasang, Kecamatan Maiwa berhasil meraih penghargaan anugerah lingkungan dalam program kampung iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) RI.
Piala penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di gedung Manggala Wana Bakti Kementrian LHK RI, Jakarta.

Penghargaan diterima oleh kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Enrekang, Mursalim Bagenda.
“Alhamdulillah, Desa Pasang Kabupaten Enrekang berhasil raih penghargaan desa Proklim dari Kementrian LHK,” kata Mursalim dalam rilisnya, Minggu (6/8/2017).

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Enrekang.
“Walaupun tahun ini tak dapat adipura, tapi kita bangga karena kita bisa raih anugerah lingkungan yaitu sekolah adiwiyata mandiri dan Proklim dari Menteri LHK,” ujar Mursalim.
Ia berharap, penghargaan yang diperoleh oleh Desa Pasang dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Enrekang.

Bupati Enrekang Raih Penghargaan Kejati Sulsel

ENREKANG – Bupati Enrekang Muslimin Bando meraih piagam penghargaan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan.

Penghargaan tersebut diberikan atas kepercayaannya dalam pelaksanaan pembangunan kepada tim pengawal dan pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah Kejaksaan Negeri Enrekang tahun 2016.

 

Penghargaan itu diserahkan Kajati Sulsel Dr Jan S Maringka pada peringatan Hari Bakti Adhyaksa di Lapangan Andi Makassau, Kota Parepare.

“Alhamdulillah, bupati dapat penghagaan dari Kejati Sulsel, ini tentu suatu kebanggan,” kata Kabag Humas Pemkab Enrekang, Arlan Razak, Minggu (23/7/2017).

Selain Bupati Enrekang, beberapa bupati se-Ajatappareng juga menerima penghargaan dari Kejati Sulsel tersebut.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando Dorong Petani Manfaatkan Air Sungai Saddang

Enrekang–Bupati Enrekang, Muslimin Bando menyayangkan limpahan air sungai Saddang yang melintasi wilayah Enrekang, namun sama sekali tidak bisa dimanfaatkan oleh para petani. Sebab sejumlah areal persawahan hanya mengandalkan tadah hujan.

 

“Petani hanya andalkan sawah tadah hujan, padahal limpahan air sungai kita sangat besar. Kok kita biarkan saja masuk ke wilayah Sidrap dan Pinrang tanpa mau memakainya. Justru air yang lebih dulu melintas di Enrekang, dimanfaatkan dengan baik oleh tetangga kita. Usahakan kirim air janda, atau air yang sudah terpakai,” ujar Muslimin Bando di hadapan Petani Desa Cemba, Kamis (20/7/2017).

Pernyataan Bupati, cukup masuk akal. Petani hanya merasakan satu kali panen dalam setahun. Berbedah jauh dari daerah lumbung padi Sulsel yang bisa panen hingga 3 atau 4 kali setahun. Untuk itu, Muslimin Bando berharap, warga khususnya petani memanfaatkan bendungan mini yang telah dibangun di sejumlah daerah persawahan.

“Jika dulu kita hanya andalkan air dari gunung saja, kalau kemarau bagaimana. Semua alat sudah canggih, air dari bawahpun sudah bisa dipompa naik ke atas. Ini juga yang telah diterapkan petani bawang di Enrekang. Mari manfaatkan air sungai dengan baik,” ujarnya.

Kepala desa Cemba, Madi Maulana mengaku mengapresiasi usulan Bupati. Bantuan alat pengolah sawah dan pembangunan drainase pengairan siap disalurkan Bupati ke petani. Desa Cemba, merupakan salah satu daerah persawahan yang ada di Enrekang.

Enrekang Kabupaten Teraman di Sulawesi Selatan

Enrekang-Kabupaten Enrekang merupakan salah satu kabupaten teraman di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Demikian disampaikan oleh Bupati Enrekang, Muslimin Bando saat menghadiri acara syukuran dan ramah tamah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 di Mapolres Enrekang, Senin (10/7).

Hal itu didasarkan pada hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu, dimana kepuasan masyarakat terhadap kemanan dan ketertiban mencapai 90 persen.

“Ini tentu capaian luar biasa, ini berkat kerjasama yang bagus dari Polres, TNI dan Kejaksaan Enrekang,” ujar Bupati Muslimin.

Menurut Bupati Muslimin, keberhasilan tersebut tak lepas dari kinerja Polres Enrekang yang dianggap sukses memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khusus di Kabupaten Enrekang, Muslimin menganggap kinerja kepolisian patut diacungi jempol.

“Luar biasa peningkatan kinerja Polri saat ini, karena telah memperoleh kepercayaan dari masyarakat,” katanya.

Meski demikian, Bupati Muslimin berharap Polri tetap harus terus berbenah dan meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya masyarakat.

Pemkab Enrekang Bekerjasama Dengan Baznas Kabupaten Enrekang Menyerahkan Bantuan Kambing

ENREKANG – Bupati Enrekang Muslimin Bando mencetuskan pemotongan gaji PNS dilingkup Pemkab Enrekang sebanyak 2,5 persen, untuk diolah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang sebagai zakat penghasilan.
Uang yang terkumpul tiap bulannya dimanfaatkan untuk meringankan beban warga miskin di Kabupaten Enrekang dengan program bedah rumah, santunan, dan pembagian kambing. “Ini melalui proses sosialisasi di PNS, dan mendapat sambutan positif. Diolah oleh Baznas untuk digunakan sesuai yang telah disepakati, tentunya meringankan beban warga miskin dan mengontrol hingga menjadi keluarga mandiri yang produktif,” kata Muslimin, Jumat (9/6/2017). Dari segi bantuan kambing, sebanyak 1.419 ekor kambing dipastikan akan tersalurkan ke 645 warga miskin yang terdata secara bertahap dari 129 desa/kelurahan yang ada di Enrekang.

Muslimin yang menyerahkan secara simbolis bantuan kambing di tiap kecamatannya itu berharap, kambing ini diternakkan dengan baik dan kelak bisa mengangkat derajat keluarga. Dan pemerintah akan terus memantau sampai benar-benar warga yang dibantu sudah bisa mandiri. “Semoga gaji PNS yang direalisasikan 2,5 persen dapat berkah dan amal jariyah di sisi Allah SWT,” ungkap Muslimin saat menggelar penyerahan kambing di Kecamatan Maiwa dan Baraka.

Sementara itu, Kadir Pimpinan Baznas Enrekang, Ilham Kadir mengatakan, setiap desa akan diberikan kambing kepada 5 keluarga yang dinilai layak mendapat bantuan. “Masing-masing keluarga akan dapat 2 ekor kambing betina dan 1 ekor kambing jantan untuk 1 desa. Sementara ini telah terealisasi di belasan desa.”Ujar Ilham Kadir Pimpinan Baznas Enrekang.