Kepala Daerah

Bupati : Drs. H. Muslimin Bando, M.Pd
Wakil Bupati : Drs. H. M. Amiruddin, SH
Sekda : Drs. H. Chairul Latanro, MM

Goverment Public Relation
Kalender
August 2017
M T W T F S S
« May    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Statistik Pengunjung
Hari ini : Monday, 21 August 2017 00:00
Pengunjung hari ini : 89
Pengunjung kemaren : 76
Halaman dikunjungi hari ini : 376
Sistem Operasi :
Browser :
IP : 54.166.168.243
Pengunjung online : 0
Admin online: 0

Kadis Kominfo Enrekang, Menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun

Enrekang-Bertepatan dengan HUT RI ke 72 Tingkat Kabupaten Enrekang, Kadis Kominfo-Statistik Kabupaten Enrekang, Drs.H.Djajadi Silamma, MM menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun, yang diserahkan oleh Bupati Enrekang di tribun lapangan abubakar lambogo.

Satyalancana Karya Satya adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukkan kecakapan, kedisiplinan, kesetian dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi setiap pegawai lainnya.

Adapun Satyalancana Karya Satya 30 tahun yang diterima oleh Kadis Kominfo-Statistik Kabupaten Enrekang berwarna emas. (MC-Enrekang)

Desa Pasang Enrekang Raih Penghargaan Proklim Dari Kementrian Lingkungan Hidup

Enrekang- Desa Pasang, Kecamatan Maiwa berhasil meraih penghargaan anugerah lingkungan dalam program kampung iklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) RI.
Piala penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di gedung Manggala Wana Bakti Kementrian LHK RI, Jakarta.

Penghargaan diterima oleh kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Enrekang, Mursalim Bagenda.
“Alhamdulillah, Desa Pasang Kabupaten Enrekang berhasil raih penghargaan desa Proklim dari Kementrian LHK,” kata Mursalim dalam rilisnya, Minggu (6/8/2017).

Ia menjelaskan, penghargaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Enrekang.
“Walaupun tahun ini tak dapat adipura, tapi kita bangga karena kita bisa raih anugerah lingkungan yaitu sekolah adiwiyata mandiri dan Proklim dari Menteri LHK,” ujar Mursalim.
Ia berharap, penghargaan yang diperoleh oleh Desa Pasang dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Enrekang.

Bupati Enrekang Raih Penghargaan Kejati Sulsel

ENREKANG – Bupati Enrekang Muslimin Bando meraih piagam penghargaan dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan.

Penghargaan tersebut diberikan atas kepercayaannya dalam pelaksanaan pembangunan kepada tim pengawal dan pengaman pemerintahan dan pembangunan daerah Kejaksaan Negeri Enrekang tahun 2016.

 

Penghargaan itu diserahkan Kajati Sulsel Dr Jan S Maringka pada peringatan Hari Bakti Adhyaksa di Lapangan Andi Makassau, Kota Parepare.

“Alhamdulillah, bupati dapat penghagaan dari Kejati Sulsel, ini tentu suatu kebanggan,” kata Kabag Humas Pemkab Enrekang, Arlan Razak, Minggu (23/7/2017).

Selain Bupati Enrekang, beberapa bupati se-Ajatappareng juga menerima penghargaan dari Kejati Sulsel tersebut.

Bupati Enrekang, Muslimin Bando Dorong Petani Manfaatkan Air Sungai Saddang

Enrekang–Bupati Enrekang, Muslimin Bando menyayangkan limpahan air sungai Saddang yang melintasi wilayah Enrekang, namun sama sekali tidak bisa dimanfaatkan oleh para petani. Sebab sejumlah areal persawahan hanya mengandalkan tadah hujan.

 

“Petani hanya andalkan sawah tadah hujan, padahal limpahan air sungai kita sangat besar. Kok kita biarkan saja masuk ke wilayah Sidrap dan Pinrang tanpa mau memakainya. Justru air yang lebih dulu melintas di Enrekang, dimanfaatkan dengan baik oleh tetangga kita. Usahakan kirim air janda, atau air yang sudah terpakai,” ujar Muslimin Bando di hadapan Petani Desa Cemba, Kamis (20/7/2017).

Pernyataan Bupati, cukup masuk akal. Petani hanya merasakan satu kali panen dalam setahun. Berbedah jauh dari daerah lumbung padi Sulsel yang bisa panen hingga 3 atau 4 kali setahun. Untuk itu, Muslimin Bando berharap, warga khususnya petani memanfaatkan bendungan mini yang telah dibangun di sejumlah daerah persawahan.

“Jika dulu kita hanya andalkan air dari gunung saja, kalau kemarau bagaimana. Semua alat sudah canggih, air dari bawahpun sudah bisa dipompa naik ke atas. Ini juga yang telah diterapkan petani bawang di Enrekang. Mari manfaatkan air sungai dengan baik,” ujarnya.

Kepala desa Cemba, Madi Maulana mengaku mengapresiasi usulan Bupati. Bantuan alat pengolah sawah dan pembangunan drainase pengairan siap disalurkan Bupati ke petani. Desa Cemba, merupakan salah satu daerah persawahan yang ada di Enrekang.

Enrekang Kabupaten Teraman di Sulawesi Selatan

Enrekang-Kabupaten Enrekang merupakan salah satu kabupaten teraman di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Demikian disampaikan oleh Bupati Enrekang, Muslimin Bando saat menghadiri acara syukuran dan ramah tamah peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 di Mapolres Enrekang, Senin (10/7).

Hal itu didasarkan pada hasil survey yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) beberapa waktu lalu, dimana kepuasan masyarakat terhadap kemanan dan ketertiban mencapai 90 persen.

“Ini tentu capaian luar biasa, ini berkat kerjasama yang bagus dari Polres, TNI dan Kejaksaan Enrekang,” ujar Bupati Muslimin.

Menurut Bupati Muslimin, keberhasilan tersebut tak lepas dari kinerja Polres Enrekang yang dianggap sukses memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khusus di Kabupaten Enrekang, Muslimin menganggap kinerja kepolisian patut diacungi jempol.

“Luar biasa peningkatan kinerja Polri saat ini, karena telah memperoleh kepercayaan dari masyarakat,” katanya.

Meski demikian, Bupati Muslimin berharap Polri tetap harus terus berbenah dan meningkatkan kinerja agar semakin dipercaya masyarakat.

Pemkab Enrekang Bekerjasama Dengan Baznas Kabupaten Enrekang Menyerahkan Bantuan Kambing

ENREKANG – Bupati Enrekang Muslimin Bando mencetuskan pemotongan gaji PNS dilingkup Pemkab Enrekang sebanyak 2,5 persen, untuk diolah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang sebagai zakat penghasilan.
Uang yang terkumpul tiap bulannya dimanfaatkan untuk meringankan beban warga miskin di Kabupaten Enrekang dengan program bedah rumah, santunan, dan pembagian kambing. “Ini melalui proses sosialisasi di PNS, dan mendapat sambutan positif. Diolah oleh Baznas untuk digunakan sesuai yang telah disepakati, tentunya meringankan beban warga miskin dan mengontrol hingga menjadi keluarga mandiri yang produktif,” kata Muslimin, Jumat (9/6/2017). Dari segi bantuan kambing, sebanyak 1.419 ekor kambing dipastikan akan tersalurkan ke 645 warga miskin yang terdata secara bertahap dari 129 desa/kelurahan yang ada di Enrekang.

Muslimin yang menyerahkan secara simbolis bantuan kambing di tiap kecamatannya itu berharap, kambing ini diternakkan dengan baik dan kelak bisa mengangkat derajat keluarga. Dan pemerintah akan terus memantau sampai benar-benar warga yang dibantu sudah bisa mandiri. “Semoga gaji PNS yang direalisasikan 2,5 persen dapat berkah dan amal jariyah di sisi Allah SWT,” ungkap Muslimin saat menggelar penyerahan kambing di Kecamatan Maiwa dan Baraka.

Sementara itu, Kadir Pimpinan Baznas Enrekang, Ilham Kadir mengatakan, setiap desa akan diberikan kambing kepada 5 keluarga yang dinilai layak mendapat bantuan. “Masing-masing keluarga akan dapat 2 ekor kambing betina dan 1 ekor kambing jantan untuk 1 desa. Sementara ini telah terealisasi di belasan desa.”Ujar Ilham Kadir Pimpinan Baznas Enrekang.

SAFARI RAMADHAN PERDANA DI KECAMATAN MAIWA

Enrekang- Bupati Enrekang H.Muslimin Bando menghadiri safari ramadhan perdana yang dilaksanakan di Masjid Baburrahim Maroangin Kecamatan Maiwa, Senin Malam (29/V/2017).

Pada kegiatan ini dihadiri oleh  Tim Bakohumas Kabupaten Enrekang,  tokoh Agama dan tokoh masyarakat Kecamatan Maiwa.

Acara diawali buka bersama dengan masyarakat Maiwa dan pada kesempatan ini sekaligus penyerahan Sound System dari Bupati Enrekang kepada Ketua PHBI/Camat  Kecamatan Maiwa.

“Penyerahan Sound System ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap kegiatan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya yang ada dimasyarakat”  Bupati Enrekang dalam sambutanya.

Pada kesempatan ini pula, Muslimin memaparkan sejmlah capaian Pemkab Enrekang. 
Seperti terus menurunya angka pengangguran di Enrekang yang menjadi terendah kedua di Susel. “Ini tandanya pembukaan lapangan kerja berjalan dengan baik selama ini. Selain itu kedepannya pembukaan lapangan kerja baru akan terus kita galakkan,” ujar Muslimin.

Selain membahas lapangan kerja, Muslimin juga menyampaikan bantuan bedah yang akan digelontorkan untuk masyarakat miskin. Bantuan ini khusus untuk rumah tak layak huni. Bantuan tersebut akan menjadi tugas Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). “Jika rumah itu berlantai tanah salah satunya, akan mendapat bantuan bedah rumah. Dan ini telah dilakukan beberapa bulan terakhir,” katanya. 
Sebelumnya, rombongan bupati juga berbuka puasa bersama ratusan masyarakat di Rujab Camat Maiwa.

Adapun ceramah ramdhan dibawakan Ketua MUI Kabupaten Enrekang Ust.  H. Amir Mustafa, lc.,m.pD.i 

FOTO ‘CRY’ JADI KADO ISTIMEWA LEPAS SAMBUT KAPOLRES ENREKANG

Enrekang- Dalam rangka lepas sambut Kepala Kepolisian Resort Enrekang dari AKBP. WITARSA AJI, S.IK, SH, MH (Pejabat Lama) kepada AKBP. IBRAHIM AJI, S.IK (Pejabat Baru), di Pendopo Rujab Bupati Enrekang, Rabu, 24 Mei 2017, salah satu yang menjadi menarik yaitu penyerahan kado istimewa dari salah satu karya fotografer Suharso Syam fotografi putra asal Duri Massenrempulu, salah satu suku di Sulawesi Selatan ini melanglang buana hingga ke Moskow, Rusia, dimana pria yang berasal dari Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan ini sukses mencuri perhatian dunia melalui karya fotonya yang berjudul “Cry”. Karyanya yang diambil menggunakan kamera Canon EOS 7D berhasil lolos seleksi 100 Best foto kontes 35Award yang diikuti sekitar 900 fotografer dari 136 negara di dunia kategori Children sebanyak 100 foto tersebut divoting oleh 35 juri profesional yang berasal dari 35 negara yang berlangsung selama 17 bulan. Sejak 2016 lalu, 35Award yang berpusat di Moskow Rusia ini salah satu kontes foto bergengsi dan terpanjang pelaksanaan dan proses penyeleksiannya.

“Alhamdulillah… sungguh merupakan sebuah kebahagiaan bisa mengenalkan Enrekang ke dunia luar. Dan senang sekali rasanya bisa memberikan yang terbaik kepada kedua pemimpin yang hebat ini. Bupati Enrekang bpk. H. Muslimin bando & komandanku Kapolres bpk. Witarsa Aji. Salamakki..sehatki..sukseski selalu. Semoga tetap the best dalam pelayanan. Amiin” pernyataan Suharso. (MC/Rs)

Pelepasan Tim Bakohumas Sambut Bulan Suci Ramadan

Enrekang, Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Safari Ramadan Tahun 1438 H/2017 M Tingkat Kabupaten Enrekang, Jumat (26/5) di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, diselenggarakan pelepasan Tim Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Tim Bakohumas) Tingkat Kabupaten Enrekang.

Acara ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Enrekang, para Forkopimda Kab. Enrekang, Para Kepala OPD, Kepala Kantor Instansi Vertikal, Para Pimpinan BUMN/BUMD Se Kab. Enrekang, Para Camat, Para Kepala KUA dan Kepala Desa se Kabupatem Enrekang.

Dalam sambutan Bupati Enrekang H. Muslimin Bando, M.Pd, menyampaikan beberapa hal yang harus disampaikan kepada masyarakat melalui Tim Bakohumas antara lain :

1. Keberhasilan Kabupaten Enrekang meningkatkan tingkat pertumbuhan ekonomi diatas rata-rata nasional, termasuk pengurangan jumlah masyarakat miskin dengan memberikan biaya transfor bagi penerima beras raskin, dan keberhasilan dalam mengenjot pembangunan infrastruktur desa.

2. Pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa dan menerima perbedaan yang ada dalam masyarakat.

3. NKRI, Pancasila dan UUD 1945 tetap dijaga.

4. Pentingnya pemberantasan Narkoba.

5. Nilai fositif dan negatif penggunaan Sosial media, terutama dikalangan remaja.

demikian pesan Bapak Bupati Enrekang. 

PENANDATANGANAN PERJANJIAN KERJASAMA PROGRAM SANIMAS

Bupati Enrekang didampingi Kadis Perumtarkin Kab. Enrekang Drs.  Abdul Latif,M.Si menghadiri acara penandatanganan perjanjian kerjasama dengan direktur PPLP kemen PUPR Bapak Dodi Krispratmadi. Di hotel sanur paradise Bali jalan hang tuah No. 46 hari ini selasa 23 mei 2017 Dalam rangka penerimaan bantuan sanitasi masyarakat yang akan ditempatkan di kelurahan bangkala kec. Maiwa.

kegiatan ini dihadiri langsung dan dibuka oleh dirjen cipta karya Kementerian PUPR Bapak Ir.  Sry Hartoyo Dipl, SE ME dan seluruh bupati walikota yg mendapat bantuan se-Indonesia.

Dirjen ciptakarya dalam sambutannya mengharapkan ada Singkronisasi program antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah semoga program ini dapat berjalan dengan baik agar sanitasi masyarakat lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan harapan. Pemerintah daerah  sangat merespon dengan adanya program sanimas ini.