Dispustaka Enrekang Memeriahkan Acara Pekan Literasi 2019 dengan menghadirkan Pameran Buku

/Dispustaka Enrekang Memeriahkan Acara Pekan Literasi 2019 dengan menghadirkan Pameran Buku

Dispustaka Enrekang Memeriahkan Acara Pekan Literasi 2019 dengan menghadirkan Pameran Buku

Enrekang – Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kabupaten Enrekang mengadakan motivasi membaca kepada warga Enrekang dalam kegiatan Pekan Literasi 2019 Kegiatan yang berlangsung di Perpustakaan Umum Enrekang ini, dihadiri dari kalangan pengajar, mahasiswa, warga binaan Lapas, dan pelajar. Baru-baru ini Rabu (20/03/2019).

Muh Fihris Khalik, Ph.D selaku pembicara menerangkan alasan mengapa membaca itu baik. Berdasarkan pengalamannya, ia melihat minat baca masyarakat memang masih terkait dengan ketersediaan koleksi dan kreativitas perpustakaan. Menurutnya masih penting bagi pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat membaca.

“Jika ingin lebih berkembang budaya baca kita, tentunya beberapa masukan bisa  diperhatikan, seperti kebijakan literasi, memperbanyak sosialisasi membaca, ketersediaan koleksi, kreativitas perpustakaan”, kata Ketua GPMB Enrekang.

Sementara untuk mendorong anak-anak saat ini, bisa diupayakan dengan pendekatan yang adaptif atau melihat gaya mereka saat ini. Termasuk ia mengharapkan agar para guru di sekolah bisa menciptakan inovasi dalam mengajak siswanya membaca.

“Jika boleh sekolah memberi tugas yang berbasis perpustakaan,” ujar Muh Fihris Khalik.

Pada kesempatan yang sama, ia mengharapkan agar pemangku kebijakan dapat menampung aspirasi masyarakat dalam peningkatan daya baca. Ia pun mengharapkan adanya dukungan pimpinan daerah kepada lembaga masyarakat seperti GPMB Kabupaten Enrekang untuk terus bergerak mengajak masyarakat Enrekang membaca.

selain itu Dispustaka Enrekang memeriahkan acara Pekan Literasi 2019 dengan menghadirkan Pameran Buku. Kali ini bekerjasama dengan penerbit Mizan dan Mojok, dan Dialektika Bookshop. Buku-buku yang dijual terbilang murah. Untuk buku murah koleksi anak harganya mulai dari harga 2.000, 5.000 hingga 15.000. Sementara buku seperti Mojok dijual perpaket, ada yang 5 judul buku hanya dengan harga 85.000 dab masih banyak paket yang murah. Paket murah ini juga merupakan Tour Ke Kota penerbit Mojok bersama Dialektika.

“Syukur, ada penerbit Indie yang mau tur ke Enrekang. Apalagi buku-bukunya banyak yang menarik dan ditawarkan dengan harga yang sebenarnya murah”, ujar Irsan, Pustakawan Dispustaka Enrekang. Baru-baru ini di hadapan kontributor MataKita Enrekang, Kamis (21/03/2019)

Pameran buku rencananya digelar hingga jumat sore. Bagi warga Enrekang yang suka dengan buku, datang saja ke Perpustakaan Umum Enrekang. Selain itu, tentu bisa melihat pameran foto dan menyaksikan lomba puisi di lokasi pameran.

 

By | 2019-03-22T02:53:50+00:00 March 22nd, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment