2020, Dispopar Enrekang Andalkan Sektor Pariwisata

/2020, Dispopar Enrekang Andalkan Sektor Pariwisata

2020, Dispopar Enrekang Andalkan Sektor Pariwisata

post thumb

Enrekang. – Sektor pariwisata pada pengembangan sumber daya alam Kabupaten Enrekang Sulawesi-selatan, pada tahun 2020 mendatang, diprogramkan lebih konstruktif bagi sumber pendapatan asli daerah (PAD)

Rencana pengembangan sektor pariwisata saat ini bertumpu pengelolaan sumberdaya alam, yakni permandian alam Lewaja, panorama Gunung Latimojong (pendakian), resting house Bambapuang (Anggeraja) dan kebun raya Enrekang (Maiwa).

“potensi pemasukan pendapatan daerah disektor pariwisata masih bertumpu pada empat destinasi berbasis alam, permadian lewaja, pendakian Gunung Latimojong, Rest house serta wisata Kebun Raya Massenrempulu Enrekang dengan mengandalkan tanaman wallaceae. Potensi destinasi wisata siap dikelola disamping destinasi lainnya bagi sumber pendapatan asli daerah,” kata Plt. Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dispopar Enrekang Mustakim  usai meninjau Resting House Bambapuang, Senin (23/9/2019).

Menurutnya, progres dan langkah memoles keempat sektor pariwisata yang sudah dikenal luas masyarakat dan potensi lainnya sangat banyak, saat ini sudah dilakukan kajian mendalam dan peremajaan. Salah satunya membaharui fasilitas kolam renang Lewaja dengan sasaran ditingkatkan dari proyeksi berskala pecan olahraga daerah porda menjadi tingkat nasional.

“action dispopar Enrekang ini tetap diselaraskan misi daerah antara program Dispopar Enrekang dan bappeda Sulsel lebih mengarah pengelolaan konstruktif untuk menumbuhkan perekonomian daerah,”katanya.

Dalam keselarasan destinasi sektor wisata pula, destinasi Resting house Enrekang sudah dibentuk tim terpadu dari bidang pariwisata merawat dan mengawasi destinasi itu. Tim pariwisata ini all out pada masing-masing tugas seperti dari kebersihan, keamanan, keindahan, kenyamanan dan penataan.

“Rest House harus dikelola bersama swasta dan pemda Enrekang, untuk siap pakainya bagi publik ini, disupport APBD dan program propinsi Sul-Sel, guna penyempurnaan fasilitas dan rehab agar destinasi ini siap menerima wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara tahun ini, harapannya berkontribusi nyata bagi PAD Enrekang,” paparnya

Ditambahkan, program pertamanan sekitar bantaran sungai Saddang di Swiss telah dirampungkan perizinannya, maka dengan injeksi anggaran 2 milyar termasuk bantuan pemprov Sulsel tahun 2019 sudah terwujud. Untuk lanjutan, pengusulan ke pemprov Sulsel tahun 2020, yaitu terwujudnya rencana tangga seribu menuju puncak gunung Bambapuang. (McEnrekang.Lubis

By | 2019-09-26T00:31:05+00:00 September 23rd, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment