Wabup Enrekang Ajak Masyarakat Sukseskan Pelaksanaan World Cleanup Day 2019

/Wabup Enrekang Ajak Masyarakat Sukseskan Pelaksanaan World Cleanup Day 2019

Wabup Enrekang Ajak Masyarakat Sukseskan Pelaksanaan World Cleanup Day 2019

Enrekang.- Untuk menyukseskan Pelaksanaan gerakan pungut sampah sedunia atau World Cleanup Day 2019 yang dilaksanakan setiap tanggal 21 September, pemerintah kabupaten Enrekang Sulawesi-selatan merangkaikan kegiatan tersebut dengan Jumat bersih diikuti seluruh kecamatan melaksanakan kebersihan lingkungan secara bersamaan.

Di Kota Kabupaten Enrekang, gerakan pungut sampah diawali senam sehat bersama yang dipimpin oleh wakil Bupati Asman.SE di kawasan Car Friday jalan Swiss menuju Pasar Sentral Enrekang.

Kepada seluruh jajaran perangkat OPD peserta Senam, Wakil Bupati Enrekang Asman.SE menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menumbuhkan budaya buang sampah pada tempatnya.

“Membangun trotoar, membangun taman itu mudah. Yang sulit adalah membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Buktinya setiap ada acara yang mendatangkan banyak orang, pasti banyak meninggalkan sampah berceceran,” ucap Wakil Bupati sambil mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menanamkan kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan pada anak-anak.

“Jangan terbalik, justru kadang anak-anak yang mengingatkan orang tua ketika mereka melihat ayah atau ibunya membuang sampah sembarangan. Anaknya diajari guru agar membuang sampah pada tempatnya, tapi orangtuanya malah tidak memberikan contoh. Ini salah,” lanjut wakil Bupati.

Wakil Bupati Asman juga mengapresiasi gerakan pungut sampah yang dilaksanakan secara serentak. Menurutnya ini merupakan salah satu upaya membiasakan diri, untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menekan jumlah sampah.

“Semoga gerakan ini tidak hanya gebrakan saja, namun juga berkelanjutan sehingga masyarakat akan terbiasa dan malu buang sampah sembarangan,” lanjutnya

Usai senam, dilanjutkan kebersihan secara massal dengan memungut sampah di beberapa tempat fasilitas umum dan jembatan, serta sungai. Gerakan pungut sampah diikuti ratusan ASN dari berbagai OPD, Forkopimda, TNI, Polri, pelajar dan relawan kesersihan lingkungan dari masyarakat umum dengan koordinator kepala Dinas Lingkungan Hidup DLH Enrekang Ir.H.Mursalim Bagenda. (McEnrekang.Lubis).

By | 2019-09-20T11:54:24+00:00 September 20th, 2019|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment